Jumat, 02 April 2010

MENGENAL GRAFFITI

Siapa yang tidak kenal Graffiti.. kita sering menjumpainya di tembok pinggir jalan, di bawah jembatan layang dan masih banyak lagi... kalau, kalian masih belum tau apa itu Graffiti, akan saya uraikan secara singkat.. Grafiti (grafitty atau grafitti) adalah kegiatan seni rupa yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk dan volume untuk menuliskan kalimat tertentu di atas dinding. Alat yang digunakan biasanya cat semprot kaleng atau pilok. nah seperti itulah, saya harap dengan penjelasan tersebut kalian bisa mengetahui apa itu Graffiti.. kalau masih blum tau Graffiti seperti apa, nie gambarnya:

Seperti ini nie graffiti tuh.. :)

Nie sekilas sejarah dari Graffiti :

SEJARAH
Grafiti di Pompeii. Grafiti ini mengandung tulisan rakyat yang menggunakan bahasa Latin Rakyat dan bukan bahasa Latin Klasik.Kebiasaan melukis di dinding bermula dari manusia primitif sebagai cara mengkomunikasikan perburuan. Pada masa ini, grafitty digunakan sebagai sarana mistisme dan spiritual untuk membangkitkan semangat berburu.
Perkembangan kesenian di zaman Mesir kuno juga memperlihatkan aktivitas melukis di dinding-dinding piramida. Lukisan ini mengkomunikasikan alam lain yang ditemui seorang pharaoh (Firaun) setelah dimumikan.
Kegiatan grafiti sebagai sarana menunjukkan ketidak puasan baru dimulai pada zaman Romawi dengan bukti adanya lukisan sindiran terhadap pemerintahan di dinding-dinding bangunan. Lukisan ini ditemukan di reruntuhan kota Pompeii. Sementara di Roma sendiri dipakai sebagai alat propaganda untuk mendiskreditkan pemeluk kristen yang pada zaman itu dilarang kaisar.

Dan ini fungsi dari Graffiti, cekidot :

• Sarana ekspresi ketidak puasan terhadap keadaan sosial.
• Sarana ekspresi ketakutan terhadap kondisi politik dan sosial.
• Sarana pemberontakan.
• Bahasa rahasia kelompok tertentu.

Semoga penjelasan tentang Graffitinya bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian, heheh :)

( Sumber : graffiti area )

0 komentar:

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner