Kamis, 25 Maret 2010

BAHAN - BAHAN DALAM MERANGKAI MANIK - MANIK Part.1

Manik-manik dan kerajinan manik-manik telah memikat hati orang selama ribuan tahun. Sejak perempuan dan laki-laki mampu mengumpulkan cangkang kerang dan biji-bijian dan menguntainya dengan Urat daging hewan atau benang dari Kulit Hewan, mereka telah membuat dan mengenakan kerajinan manik-manik. Manik-Manik telah berperan sangat penting dalam banyak kebudayaan di seluruh dunia, yang paling terkenal adalah karya suku Zulu di afrika selatan dan suku Pribumi amerika. Ada berbagai macam bahan dalam merangkai manik-manik :



  1. Manik - manik


Manik - manik sendiri pun ada berbagai macam :




  • Manik-manik pasir Manik-manik ini berupa manik-manik kaca kecil dengan sebuah lubang tengah, biasanya bergaris tengah 2mm atau kurang. Manik-manik pasir Jepang ukuran 11 paling banyak digunakan dalam anyaman manik-manik dan biasanya tersedia dalam banyak warna. Menurut sistem pengukuran lama, manik-manik ini di sebut ukuran 11 karena kira-kira 11 manik-manik dalam setiap 1 inchi (2,5 cm). Demikian juga, manik-manik ukuran 8 di sebut demikian karena terdapat 8 manik-manik untuk setiap 1 inchi. Terdapat banyak cara penyebutan ukuran 11, seperi SZ11, 11/0, atau 11drajat tetapi semuanya merujuk pada ukuran manik-manik yang sama. Kadang-kadang, manik-manik pasir di sebut rocaille.

  • Bambu panjang Manik-manik ini berbentuk tabung panjang. Bambu panjang jepang tersedia dlam ukuran 2 mm hingga 30 mm, namun ukuran yang paling umum tersedia adalah 3 mm, 6 mm, dan 9 mm. Kadang ujung-ujung bambu panjang berbentuk tajam atau bercelah.

  • Bulir Magatama Manik-manik magatama jepang berkualitas tinggi memiliki lubang besar dibandingkan dengan ukuran manik-manik tersebut. Manik-manik jenis ini sangat bagus untuk menambah tekstur dan kedalaman di rancangan kerajinan manik-manik mu.

  • Manik-Manik Kubus ukuran yang paling umum dalah 4 mm. manik-manik kubus memiliki lubang yang relatif besar untuk ukuran manik-manik.

  • Manik-manik logam Manik-manik ini merupakan manik-manik kecil pengatur jarak, biasanya berwarna emas atau perak. Manik-manik ini sangat cocok untuki menambahkan kilauan pada manik-manik lain dalam rancangan mu.

  • Manik-manik keramik manik-manik ini sering memiliki warna tidak mengkilap, yang menghasilkan perbedaan warna yang indah dengan manik-manik kaca yang berwarna mengkilap.

  • Manik-manik kaca bohemia Manik-manik ini berasal dari republik ceska. Terdapat banyak jenis, Termasuk manik-manik bulat, bersegi, atau manik-manik asah, dan berbagai bentuk hati, binatang, serta bunga yang digunakan dalam gelang liontin.


To be continued... ( Sumber: merangkai manik-manik untuk pemula )

0 komentar:

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner