Sabtu, 27 Maret 2010

SENI KOLASE

Yup dari namanya pasti sudah tau apa itu seni kolase!!? bagi yang belum tau apa itu kolase, ini adalah penjelasan singkat kolase, dipahami sebagai suatu teknik seni menempel berbagai macam materi selain cat, seperti kertas, kain, kaca, logam dan lain sebagainya kemudian dikombinasi dengan penggunaan cat (minyak) atau teknik lainnya (Susanto, M., 2002:63).

Kalian pasti masih ingat Ketika masih di Sekolah Dasar Anda mengenal istilah “kolase” melalui aktivitas menghias kendi atau hiasan dinding dengan biji-bijian atau potongan perca. Mendekorasi permukaan suatu benda dengan menempelkan sesuatu di permukaannya merupakan jenis kria yang tertua diciptakan oleh manusia. Menurut para ahli diperkirakan kegiatan ini bermula di Venice, Italia kira-kira pada abad 17 ketika kota Venice menjadi terdepan dalam hal percetakan di Eropah. Seni kolase berkembang pesat di Perancis, Inggris, Jerman dan kota-kota lain di Eropa.

Kadang-kadang
Keberadaan barang-barang bekas seperti, majalah lama, koran bekas, pakaian, kardus, kaleng, plastik kemasan, dan daun-daun kering di sekitar rumah kita acapkali dirasakan mengganggu kebersihan dan kenyamanan hidup.

Semua ini benar adanya jika barang-barang bekas tersebut hanya dilihat sebagai “limbah” atau rongsokan yang tidak berguna. Namun jangan buru-buru Anda buang barang-barang bekas tersebut karena Anda dapat menyulap “limbah” tersebut menjadi barang-barang yang “berharga”. Sentuhan ide-ide kreatif yang segar dan ketrampilan artistik yang Anda miliki akan menghasilkan bermacam kreasi kolase yang unik dan tidak ada duanya.



Salah satu hasil dari kolase


Dalam perkembangannya kemudian kolase secara kreatif dimanfaatkan sebagai unsur estetik yang personal dalam sebuah karya lukis. Kolase menjadi media yang digemari oleh kalangan seniman dunia. Pablo Picasso, George Braque dan Max Ernest terkenal dengan karya-karya lukisnya yang memanfaatkan kolase kertas, kain dan berbagai objek lainnya. Hal ini merupakan inovasi kreatif dari seniman ini dalam kurun waktu 90 tahun yang lalu. Henri Mattise adalah salah satu seniman yang giat berkreasi dengan kolase ketika jari-jari tangannya terserang arthritis hingga tak mampu melukis lagi. Mattise beralih ke kolase, ia memotong-motong kertas warna dalam ukuran besar dengan berbagai bentuk hingga tercipta mural kertas yang indah (Linderman, E. W.,1984:141-142)

So bagai mana? masih menganggap barang bekas itu sampah?.. :)

( Sumber : andieirfan )


2 komentar:

vbmaya mengatakan...

sama nggak dengan scrap? saya jg lagi tertarik bikin scrapbook. tapi teringat teknik kolase. nah...nanti kalau udah sukses scrapbooknya mau dijual2in. tapi kalo kolase=scrap saya milih istilah kolase aja. biar beda sama yang dipublish orang luar negri ;p

amat 70 mengatakan...

seni adalah jiwa, nafas, dan semangat kehidupan.
warisan alam yang terpendam dalam diri manusia.
:D :D

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner