Selasa, 23 Maret 2010

HISTORY OF COMIC


S
ejarah komik di mulai sejak 3000 tahun sebelum masehi. pada zaman mesir kuno, lukisan mengenai alam kubur dan kartun binatang yang menarik di gambar pada lembaran-lembaran papirus. Komik bahkan sudah di buat pada zaman paleolitikum di eropa barat, yaitu berupa penggambaran usaha manusia dalam memburu binatang. Contoh yang paling mudah kita amati kekunoanya adalah relif di berbagai candi yang tersebar di seluruh indonesia, atau cerita bergambar pada wayang beber dan dun lontar.
Bangsa yunani sejak dahulu telah mengabadikan berbagai tokoh dan kejadian pada dinding-dinding bangunan mereka. Biasanya, adegan-adegan ini di ukir pada bagian luar dinding lingkaran kota. Salah satunya adalah kota parthenon di athena, yunani yang merupakan salah satu pusat kebudayaan di yunani. Komik Sederhana ini juga merupakan bentuk paling awal dari seni lukis yang di kenal di dunia. Salah satu komik pertama yang disusun dalam sebuah media selain tembok dan dinding gua adalah Beyeux Tapestry (Permadani Bayeux ). Bayeux tapestry dibuat oleh orang-orang perancis, menggambarkan kisah penaklukan inggris oleh normandia yang berawal sekitar tahun 1066.

Bayeux Tapestry dibuat dengan alur menyamping yang sangat panjang ( kira-kira 76 meter ) dan penuh dengan detail - detail budaya normandia dan inggris pada masa itu. Cerita di baca dari kiri ke kanan, meskipun tanpa panel, tetapi disertai teks singkat dalam bahasa latin. Tentu saja Komik-Komik pada masa ini bentuknya belum seperti komik modern. Walaupun demikian, mereka dalah awal mula dari keberadaan komik-komik yang kita baca sekarang.

( sumber : Creating Comics Shojo Manga Style )


0 komentar:

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner